Meningkatkan Budaya Peduli Sampah, Peserta Didik SMP Negeri 1 Banjarmasin Rutin Menabung Sampah

Banjarmasin, 16 Maret 2023

Diresmikan sejak bulan November tahun 2018, Bank Sampah SMP Negeri 1 Banjarmasin rutin menabung sampah setiap bulannya. Sampah tersebut dibagi menjadi beberapa kategori yang pertama botol plastik tidak berwarna, botol plastik berwarna, gelas plastik tidak berwarna, gelas plastik berwarna tidak hanya sampah plastik bank sampah SMP 1 Banjarmasin juga menerima sampah kertas. Tidak hanya peserta didik yang menabung sampah para guru dan staf pendidik juga rutin menabung sampah setiap bulannya.
Menurut Diah Elmawati selaku direktur bank sampah SMP Negeri 1 Banjarmasin, pihak bank sampah sudah bekerja sama dengan Bank Sampah Indonesia (BSI) sehingga ketika sampah sudah terkumpul semua maka beliau tinggal menghubungi pihak terkait agar sampah bisa diambil. Untuk harga jual sampah sendiri sesuai kategori namun harga setiap bulan pun sering berubah.

Setiap bulannya sampah dibeli oleh pihak bank sampah SMP Negeri 1 Banjarmasin dan nanti dari pihak bank sampah menjual lagi ke BSI, uang hasil dari penjualan setiap kelasnya akan diserahkan langsung kepada kelas terkait.

“Kalo sampah sudah terkumpul saya tinggal menelpon saja, jadi sampah tinggal angkut, untuk harga sendiri kadang tidak menentu setiap bulan bisa berubah untuk uang sendiri langsung diserahkan ke perwakilan kelas yang mengantar sampah” Ujar Diah.

“Dengan diterapkannya budaya menabung sampah harapannya peserta didik mampu menghargai hal yang kecil meskipun sampah sekalipun”, ujar Diah selaku direktur bank sampah SMP Negeri 1 Banjarmasin.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita Sekolah. Tandai permalink.