PELAKSANAAN ANBK TAHUN 2023

Pada tanggal 20 September 2023 s/d 21 September 2023, SMP Negeri 1 Banjarmasin melaksanakan ANBK tahun 2023 secara Online.

APA ITU ANBK

ANBK singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer

ANBK adalah upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar hingga menengah. Program ini dilaksanakan oleh setiap tingkat sekolah secara online atau semi online

Terdapat tiga instrumen penilaian dari ANBK, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Mengukur literasi membaca & matematika atau numerasi murid.
  2. Survei Karakter. Mengukur nilai, sikap, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa.
  3. Survei Lingkungan Belajar. Mengukur kualitas aspek input serta proses belajar-mengajar di kelas ataupun tingkat satuan pendidikan.

Dalam pelaksanaannya, AKM menjadi tolak ukur penilaian yang paling komprehensif untuk mengukur kemampuan minimal siswa. Penilaian ini dilakukan dengan pengerjaan soal yang pastinya berbeda dengan soal ujian nasional, sehingga para siswa perlu melakukan mempersiapkannya sebaik mungkin.

TUJUAN ANBK

Secara umum, tujuan ANBK Kemdikbud adalah meningkatkan kemampuan literasi para siswa. Dengan program ini, kita dapat mengukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap siswa. Hal tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing siswa.

Hasil ANBK nantinya akan digunakan untuk memantau perkembangan mutu pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu. Sebab, asesmen nasional ini memberikan gambaran karakteristik esensial paling efektif dari satuan pendidikan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita Sekolah. Tandai permalink.